Menu Tutup

Rossi Pensiun Lebih Cepat, Gimana Kabar Shin Tae Yong?

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, masih belum menyurutkan hasratnya untuk tetap berkompetisi di MotoGP meski usianya sudah menyentuh angka 41 tahun.

Berbagai rekor dan pencapaian yang luar biasa sudah diraih oleh Valentino Rossi sejak menjalani debut profesionalnya di kelas 125cc pada 1996.

Sembilan gelar juara berhasil diraih Rossi, tujuh di antaranya berasal dari kelas utama, dan membuat dirinya menjadi salah satu pembalap terbaik dalam sejarah MotoGP.

Rumor mengejutkan muncul dari kubu Valentino Rossi di MotoGP 2021. Rossi diklaim akan pensiun di tengah musim MotoGP 2021 tepatnya usai MotoGP Belanda, 27 Juni mendatang.

Rumor tersebut diungkap media Spanyol, El Periodico, yang mengklaim Rossi sedang mempertimbangkan pensiun lebih cepat dari MotoGP.

Sebelumnya, Rossi sudah menyatakan akan mengambil keputusan terkait masa depan di MotoGP di paruh musim ini. Namun, hasil buruk yang didapat hingga MotoGP Catalunya membuat Rossi diklaim siap mengambil keputusan mengejutkan.

Rossi dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk berhenti membalap lebih cepat, yakni usai balapan terakhir paruh pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Assen, Belanda, 27 Juni mendatang.

“The Doctor mempertimbangkan memberi kejutan yang tidak terpikirkan sebelumnya, yakni pensiun sebelum kejuaraan [MotoGP 2021] berakhir, di tengah musim, yang bisa menjadi bencana bagi Petronas Yamaha dan Dorna Sports,” tulis El Periodico.

Rossi semakin terpuruk di MotoGP. Semua cara sudah dicoba pihak Petronas Yamaha dan Rossi untuk meningkatkan performa di MotoGP 2021, namun tidak ada yang berhasil.

Dari tujuh seri yang sudah dijalani, finis terbaik Rossi di MotoGP Italia ketika finis sepuluh. Pada balapan terakhir di MotoGP Catalunya, Rossi gagal finis setelah kecelakaan di lap 15. Rossi saat ini berada di posisi 19 klasemen MotoGP 2021 dengan 15 poin.

MotoGP 2021 akan menjalani balapan di MotoGP Jerman (20 Juni) dan MotoGP Belanda (27 Juni) sebelum memasuki jeda paruh musim.

Akhir perjalanan panjang rider berjuluk The Doctor itu sebenarnya kian terasa setelah Yamaha tidak memperpanjang kontraknya di tim pabrikan.

Selain faktor usia, penurunan yang dialami Rossi dalam beberapa musim terakhir membuat Yamaha memilih mengandalkan pembalap yang lebih muda.

Rossi bukannya tanpa harapan. Pembalap asal Italia itu kemungkinan besar masih akan tetap balapan dengan memperkuat tim satelit Petronas Yamaha SRT.

Situasi yang sedang dialami oleh Rossi tersebut mengundang perhatian dari mantan pembalap MotoGP, Casey Stoner.

Musim ini, performa buruk juga dilanjutkan Valentino Rossi. Dalam empat race awal MotoGP 2021, pembalap berjuluk The Doctor ini hanya meraup empat poin! Karena itu, legenda balap motor, Sito Pons, memprediksi Valentino Rossi akan pensiun dari MotoGP akhir tahun ini.

“Pesan masuk ke kepala Valentino (Rossi) yang membuatnya kehilangan konsentrasi dan tujuan. Ada banyak spekulasi tentang masa depan, tentang nilainya. ini, sedikit demi sedikit, masuk ke dalam kepalanya,” kata Pons Kamis 6 Mei 2021.

“Anda tidak tahu mengapa Anda tidak menjadi lebih kuat dan keraguan mulai menghantui kepala Anda. Ini juga terjadi kepada saya. Ketika Anda mulai bertanya-tanya apakah akan terus atau tidak dalam pikiran Anda, Anda sudah keluar dari sirkus. Saya pikir Rossi tidak akan melanjutkannya (pensiun) setelah musim ini,” lanjut Pons.

“Valentino Rossi yang dianggap banyak orang sebagai pembalap terbaik dalam sejarah balap motor, hanya memenangkan satu balapan pada debutnya pada 1996,” ujar Lorenzo, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web.

“Saya, Casey Stoner, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez tak bisa meraih satu pun kemenangan (di tahun pertama turun di kelas grand prix),” lanjutnya.

Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah Pedro Acosta langsung loncat ke MotoGP 2022 tanpa harus melewati Moto2 2022 demi menggantikan figur Marc Marquez dan Valentino Rossi?